Earth hour

Standard

EART HOUR

Tanggal 23 Maret 2013 lalu diperingati sebagai hari yang dikenal dengan “earth hour”. earth hour  diperingati setiap tahunnya, yaitu pada sabtu terakhir di bulan maret. earth hour sendiri dicetuskan pertama kali oleh WWF atau world wide fund for nature pada tahun 2007, kegiatannya berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. biasanya earth hour dilaksanakan mulai jam 20.30 sampai dengan 21.30 atau tepatnya selama satu jam.

untuk memperingati jatuhnya earth hour setiap tahunnya,berbagai media memberitakan mengenai earth hour beberapa hari menjelang earth hour tiba. hal tersebut dilakukan guna meningkatkan partisipasi seluruh masyarakat serta untuk  mengingatkan masyarakat di berbagai belahan dunia akan manfaat earth hour. di Indonesia earth hour 2013  diikuti oleh lebih dari 30 kota di Indonesia. mulai dari Banda Aceh sampai dengan Makassar. tujuan utama dari aksi ini adalah memberi kesadaran pada masyarakat agar memakai energi secar efektiv dan efisien. biasanya aksi ini difokuskan terhadap kota-kota besar, seperti Jakarta dimana di kota tersebut pemakaian energi terbesar oleh kota tersebut. sehingga dengan adanya aksi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap penghematan energi listrik.

Menurut lembaga earth hour Indonesia, Target utama kampanye Earth Hour Indonesia, yaitu :

  • Untuk melanjutkan target efisiensi energi dan perubahan gaya hidup di kota-kota besar di dunia dengan konsumsi listrik tinggi,
  • Dan berusaha mengaitkannya dengan potensi sumber energi baru terbarukan yang lebih bersih dan berdampak minimal pada lingkungan
  • Mengangkat dan memancing semangat kepemimpinan pemerintahan dan korporasi untuk secara signifikan melakukan efisiensi energi dan penggunaan sumber energi baru terbarukan sebagai bagian dari kebijakan mereka.

adanya momentum earth hour bisa menjadi jalan awal bagi kita para generasi muda untuk lebih memperhatikan konsumsi kita terhadap energi, sebagai bentuk cinta terhadap bumi. selain itu juga meningkatkan kesadaran kita terhadap kelangsungan hidup alam untuk terus kita jaga, mengingat akhir-akhir ini marak isu tentang perubahan iklim global yang menghawatirkan. maka dari itu kita harus senantiasa menjaga dan melestarikan alam agar generasi berikutnya juga bisa menikmati serta untuk hidup yang lebih baik.  “langkah kecil akan memberikan manfaat yang  besar bila dilakukan secara terus menerus”

untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi  http://earthhour.wwf.or.id/faq.php

untuk melihat video, silahkan kunjungi:  video earth hour

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s