Don’t worry to globalisasi !!!

Standard

Pengertian Globalisasi dan Dampaknya

Sekarang ini kehidupan manusia semakin dimudahkan, dalam memenuhi segala kebutuhan hidup di berbagai bidang. Munculnya berbagai kemudahan tidak lain disebabkan oleh adanya globalisasi. Berkembangnya fenomena globalisasi terjadi di semua sisi di kehidupan kita. Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia:

  • Perubahan dalam konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
  • Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
  • Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional). saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
  • Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.

 

Menurut asal katanya, kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Globalisasi meliputi keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Contohnya adalah Hilir mudiknya kapal-kapal pengangkut barang antar negara menunjukkan keterkaitan antar manusia di seluruh dunia.

Globalisasi merupakan suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Pada era globalisasi sekarang ini batasan – batasan dunia dalam menerima dan mengirim semakiin tidak terlihat. Informasi dari segala penjuru dunia diperoleh dengan mudah dalam waktu yang sangat cepat. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mencapai satu titik di saat manusia yang satu dengan yang lainnya dapat terhubung melalui audio dan visual walau berbeda waktu dan ruang. Interaksi manusia melalui proses komunikasi tidak lagi mengharuskan manusia pengirim atau penerima pesan berada dalam satu ruangan. Perkembangan teknologi akan selalu memberi dampak bagi kemajuan perkembangan dunia pendidikan, khususnya pada revolusi dunia pendidikan sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.

Menurut James Petras “Globalisasi merupakan suatu fenomena yang keberadaannya tidak begitu saja ada. Ia ada setelah melalui proses yang kompleks. Ada tiga argumen dasar untuk menjelaskan globalisasi, yaitu yang pertama kemajuan teknologi atau revolusi teknologi informasi, kedua permintaan pasar dunia, dan ketiga adalah logika kapitalisme atau logic of capitalism”. Adanya pernyataan tersebut sesuai dengan sejarah globalisasi dimana  globalisasi sebagai sebuah fenomena mulai menampakan dirinya pada sekitar tahun 1980-an. Pemunculan itu berkaitan erat dengan 3 peristiwa besar yang masing-masing mewakili ranah politik, ekonomi, dan teknologi. Pada ranah politik berupa berakhirnya perang dingin antara Timur (dalam hal ini Uni Soviet) dengan Barat (dalam hal ini Amerika). Selanjutnya pada ranah ekonomi berupa lahirnya Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada tahun 1995 yang kemudian menjadi awal ide pasar dan perdagangan bebas di antara semua negara. Pada ranah teknologi terwujud dalam revolusi informasi, dimana terjadi perkembangan pesat dalam bidang telekomunikasi dan arus perpindahan informasi yang tak terkendali dari satu tempat ke tempat yang lain.

Globalisasi sesungguhnya sudah lama terjadi, yaitu sejak abad ke 19. Selanjutnya seiring berjalannya waktu tingkat dan skala globalisasi berkembang kian pesat seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. Adanya globalisasi tentu saja menimbulkan dampak atau pengaruh terhadap kehidupan manusia. Pengaruh dari globalisasi dapat bermacam-macam tergantung bagaimana kita mengartikannya. Ada yang menilai globalisasi sebagai sesuatu yang positif karena memberikan peluang dan kesempatan yang sama kepada siapapun untuk bermain secara global. Namun, ada yang menilai negatif karena dianggap memberikan ketimpangan penguasaan sumber daya (terutama modal) serta kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berpotensi untuk menguntungkan negara kuat dan merugikan negara lemah.

Hal yang bisa kita lakukan untuk menyikapi globalisasi salah satunya adalah berpikir positif, bahwa dari munculnya globalisasi dapat memberikan keuntungan bagi kehidupan manusia. Keuntungan ini meliputi berbagai bidang, antara lain bidang ekonomi, politik, sosial budaya, hankam, dll.

  • Ekonomi

Dalam bidang ekonomi globalisasi memberikan dampak positif antara lain: liberalisasi perdagangan barang dan jasa, jasa layanan, dan komoditif lain memberi peluang kepada Indonesia untuk ikut bersaing mereput pasar luar negri, terutama hasil pertanian, hasil laut, tekstil dan bahan tambang. Mampu menyediakan dana tambahan untuk pembangunan ekonomi, meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negara, perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri, serta semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri, dll.

  • Politik

Dalam bidang politik globalisasi memberi pengaruh terhadap berkembangnya demokrasi dalam sistem pemerintahan, selain itu juga sistem pemerintahan yang lebih terbuka, hal tersebut diharapkan dapat menjadi awal terciptanya pemerintahan yang lebih baik.

  • Sosial budaya

Dampak positif globalisasi bidang sosial budaya antara lain: Meningkatkan pemelajaran mengenai tata nilai sosial budaya, cara hidup, pola pikir yang baik, maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju, meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.

  • Hankam

Dampak positif globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan antara lain: Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia, Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak, Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel, Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukkan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional dll.

Dengan menyadari adanya berbagai pengaruh atau dampak positif dari globalisasi maka kita tidaklah perlu khawatir terhadap berkembangnya globalisasi. Meskipun begitu ada beberapa kebijakan yang bisa ditetapkan Indonesia dalam menghadapi globalisasi, antara lain pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan, membuka jalur perdagangan dunia melalui kebijakan peningkatan eksor dan investasi, pengembangan akses permodalan terutama bagi pengusaha UKM, serta menjaga keseimbangan dengan alam. Hal pertama yang mendasar adalah melakukan perubahan paradigma pola berpikir atas berbagai nilai, persepsi, dan praktek dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta dalam pembangunan. Paradigma lama yang menjadikan negara sebagai poros pembangunan harus diubah dengan meletakkan masyarakat sebagai poros pembangunan. Memberdayakan masyarakat disini artinya menumbuhkan kepercayaan bagi tiap orang bahwa dirinya mampu lebih produktif dan berprestasi. Melalui pemberdayaan masyarakat sadar bahwa pembangunan sedang dilaksanakan, dan mereka punya kesempatan untuk melibatkan diri dalam pembangunan tersebut.

Adanya globalisasi perlu kita sikapi dengan bijak, menilai dari segi positif bahwa globalisasi mampu membawa dampak positif bagi kehidupan kita. Sehingga kita tidak perlu khawatir dalam menghadapinya. Hal yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan diri kita agar tidak terbawa arus globlaisasi yang begitu cepat, lebih hati-hati dalam bersikap, menyaring segala budaya yang masuk dari luar dan menyesuaikannya dengan karakteristik dan jati diri kita, serta tetap menjunjung nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Sumber :

Anakunhas. 2012 diunduh dari http://www.anakunhas.com/2011/11/kelebihan-dan-kekurangan-globalisasi-ekonomi.html pada tanggal 1 Januari 2013 pukul 12:53 WIB

Dadot. 2010 diunduh dari http://24bit.wordpress.com/2010/03/28/dampak-positif-dan-negatif-globalisasi-bagi-indonesia/ pada tanggal 1 Januari 2013 pukul 13:28 WIB

http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi

http://id.scribd.com/doc/45320329/SEJARAH-GLOBALISASI

Safidzii. 2012 diunduh dari http://safidziigemini.wordpress.com/2012/06/18/persiapan-indonesia-dalam-menghadapi-era-globalisasi/ pada tanggal 1 Januari 2013 pukul 13:59 WIB

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s