Paper test kit sederhana dari kunyit

Standard

            Kunyit (Curcuma domestica) merupakan salah satu tanaman obat yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman ini dapat tumbuh subur di pekarangan rumah kita. Tanaman kunyit memiliki ciri: tumbuh bercabang dengan tinggi 40 – 100 cm. Batangnya merupakan batang semu, tegak, bulat, membentuk rimpang dengan warna hijau kekuningan dan tersusun dari pelepah daun yang agak lunak. Daunnya berupa daun tunggal dengan bentuk bulat telur (lanset) memanjang hingga 10 – 40 cm, dan pertulangan menyirip dengan warna hijau pucat. Kulit luar rimpang berwarna jingga kecoklatan, daging buah merah jingga kekuning-kuningan.  Rimpang kunyit inilah yang biasanya sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, ataupun bahan jamu tradisional. Namun, tahukah anda jika ternyata kunyit memiliki manfaat selain sebagai bumbu dapur?

            Salah satu kandungan dalam rimpang kunyit adalah zat warna curcumin yang bisa dimanfaatkan sebagai indikator alami, yaitu alat untuk menentukan asam ataupun basa pada suatu zat. Suatu zat yang asam (pH < 7) akan berubah warna menjadi kuning bila diteteskan ke dalam ekstrak kunyit, sedangkan zat yang bersifat basa (pH > 7) akan berubah warna menjadi merah kecoklatan. Berdasarkan alasan inilah maka kunyit bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan paper test kit. Paper test kit merupakan alat uji sederhana, berupa kertas yang telah dicelupkan ke dalam ekstrak kunyit, yang dapat digunakan untuk menguji adanya kandungan boraks dalam makanan. Boraks merupakan zat yang bersifat basa. Suatu bahan makanan yang terdapat kandungan boraks di dalamnya apabila diteteskan ke dalam paper test kit maka akan mengubah warna  paper test kit dari warna kuning menjadi berwarna merah atau kecoklatan.

Cara pembuatan paper test kit sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan kunyit, kupas kulitnya, kemudian di tumbuk sampai halus
  2. Memeras hasil tumbukan untuk mendapatkan ekstrak kunyit, kemudian di saring
  3. Siapkan kertas saring atau kertas wattman, potong sesuai ukuran yang diinginkan
  4. Celupkan kertas saring atau kertas wattman ke dalam ekstrak kunyit, tunggu sampai ekstrak kunyit meresap ke dalam kertas saring atau wattman
  5. Keringkan kertas saring atau kertas wattman di bawah sinar matahari
  6. Kertas saring atau kertas wattman siap digunakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s