Perhatikan kembali pada tabel besaran pokok, satuan-satuan tersebut merupakan satuan sisitem internasional (SI). Satuan SI menggunakan satuan yang sudah diakui oleh dunia internasional untuk keperluan pengukuran. Penggunaan satuan SI memiliki keunggulan karena akan memudahkan dalam komunikasi ilmiah. Keunggulan lain yaitu nilainya tidak berubah, berlaku dimanapun, dan mudah ditiru. Disini kita akan membahas satuan SI untuk besaran panjang, massa, waktu, dan suhu.

  1. Panjang

Satuan panjang menurut SI adalah meter (m). Pada jaman dahulu panjang 1 meter menyatakan jarak antara dua buah garis yang terdapat pada batang platina-iridium. Batabg tersebut disimpan oleh badan internasional untuk ukuran dan timbangan di Sevres, dekat Prancis. Mulai tahun 1960 satu meter didefinisikan ulang. Menurut definisi yang baru satu meter sama dengan 1 650 763,73 kali panjang gelombang garis orange di dalam spektrum yang dihasilkan oleh atom kripton 86. Namun definisi tersebut tidak berlangsung lama, karena pada tahun 1983, kembali dirumuskan definisi meter standar. Satu meter yaitu jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa (vakum) selama 1/ 299 792 458 sekon.

  1. Waktu

Satuan SI untuk waktu adala sekon atau detik. Satu sekon adalah waktu yang diperlukan atom sesium-133 untuk bergetar sebanyak 9 192 631 770 kali. Alat untuk mengukur waktu biasanya adalah jam atau arloji.

  1. Massa

Satuan SI untuk massa adalah kilogram (kg). Satu kilogram standar adalah massa sebuha silinder platina-iridium yang disimpan di Sevres dekat Prancis.

  1. Suhu

Suhu adalah derajat panas dinginnya suatu benda. Satuan Si untuk suhu adalah kelvin (K). Skala suhu kelvin didefinisikan berdasarkan titik tripel air murni, yaitu suhu saat air itu berada dalam tiga wujud sekaligus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s