Latihan soal cermin dan lensa

  1. Sebuah benda setinggi 4 cm diletakkan di depan cermin cekung dengan jarak 6 cm. Apabila bayangan berada 30 cm di depan cermin cekung. Tentukan fokus cermin dan perbesaran yang terjadi!
  2. Sebuah paku setinggi 3 cm diletakkan di depan cermin cekung pada jarak 12 cm. Apabila jarak fokus cermin 8 cm. Tentukan jarak bayangan dan tinggi bayangannya.
  3. Sebuah benda diletakkan di depan cermin cekung yang memiliki jari-jari kelengkungan 12 cm, menghasilkan bayangan nyata pada jarak 8 cm. Tentukan jarak benda dan perbesaran bayangan yang terjadi.
  4. Sebuah benda diletakkan 2 cm di depan cermin cekung. Apabila jari-jari kelengkungan cermin cekung 8 cm. Tentukan jarak bayangan dan sifat bayangan yang terjadi.
  5. Sebuah benda setinggi 3 cm berada 10 cm di depan cermin cekung. Jika bayangan yang dihasilkan berada pada jarak 40 cm di depan cermin. Tentukan jari-jari kelengkungan cermin dan tinggi bayangan yang terjadi.
  6. Di depan cermin cembung diletakkan benda yang tingginya 2 cm sejauh 20 cm. Diketahui jarak fokus cermin 5 cm. Tentukan jarak bayangannya dan tinggi bayangan.
  7. Benda berjarak 30 cm dari kaca spion (cermin cembung). Jarak fokus cermin 15 cm. Tentukan jarak bayangan dan perbesarannya.
  8. Benda setinggi 4 cm berada 24 cm di depan cermin cembung. Jika jari-jari kelengkungan cermin 16 cm. Tentukan jarak bayangan dan tinggi bayangannya.
  9. Sebuah benda diletakkan di depan cermin cembung yang memiliki jarak fokus 10 cm. Benda berada pada jarak 40 cm dengan tinggi 2 cm. Tentukan jarak bayangan dan tinggi bayangannya.
  10. Suatu benda yang tingginya 8 cm diletakkan 36 cm di depan cermin cembung yang mempunyai jarak fokus 12 cm. Tentukan tinggi bayangan yang terjadi.
  11. Benda yang tingginya 10 cm berada di depan cermin cembung pada jarak 30 cm. Jika jarak fokus cermin 20 cm. Tentukan jarak bayangan dan tinggi bayangan yang terjadi.
  12. Sebuah benda terletak 5 cm di depan lensa cembung. Jarak fokus lensa itu 4cm. Hitunglah:jarak bayangan dan perbesarannya, lukislah bayangan yang terbentuk dan sifat bayangan itu
  13. Sebuah lensa cekung mempunyai jarak fokus 4cm. Benda setinggi 1cm terletak 6cm di depan lensa. Hitunglah: jarak bayangan dan perbesarannya, lukislah bayangan yang terbentuk dan sifat bayangan itu.
  14. Sebuah benda setinggi 1 cm terletak pada jarak 5cm di depan lensa cembung. Jika lensa mempunyai fokus 3 cm. Tentukan: jarak bayangan dan perbesarannya, lukislah bayangan yang terbentuk dan sifat bayangan itu.
  15. Benda setinggi 2cm diletakkan 5cm di depan lensa cekung. Jika fokusnya 6cm. Tentukan: jarak bayangan dan perbesarannya, lukislah bayangan yang terbentuk dan sifat bayangan itu.
  16. Benda setinggi 3cm diletakkan di depan cermin cekung sejauh 12cm. Jarak titik fokusnya 4cm. Tentukan: gambar pembentukan bayangan dan sifatnya, jarak bayangan, tinggi bayangan dan perbesarannya.
  17. Benda setinggi 2cm diletakkan di depan cermin cembung sejauh 6cm. Jarak fokusnya 3cm. Tentukan: gambar pembentukan bayangan dan sifatnya, jarak bayangan, tinggi bayangan dan perbesarannya.