lab-thermometer

Pengertian Suhu

Suhu didefinisikan sebagai derajat panas suatu benda. Benda yang panas memiliki suhu lebih tinggi daripada benda yang dingin. Sebuah benda dapat terasa panas oleh salah satu tangan kita, tetapi kurang hangat bila dirasakan oleh tangan yang lain. Hal ini menunjukkan bahwa alat indra (kulit) tidak dapat menentukan benda panas dan benda dingin dengan baik. Untuk itu kita memerlukan alat ukur untuk mengukurnya.

Alat untuk Mengukur Suhu

Alat untuk mengukur suhu disebut termometer.termometer memanfaatkan sifat termometrik suatu zat yaitu perubahan sifat-sifat karena perubahan suhu zat itu. Termometer pertama dibuat Galileo Galilei (1564-1642). Termometer ini disebut termometer udara, yaitu terdiri dari sebuah bola kaca yang dilengkapi dengan sebatang pipa kaca yang panjang.

Termometer yang banyak digunakan saat ini adalah termometer raksa. Disebut termometer raksa karena di dalam termometer ini terdapat raksa, yang berfungsi sebagai penunjuk suhu. Berikut keunggulan raksa bila dibansingkan dengan cairan lain:

  • Peka terhadap perubahan suhu. Suhu raksa segera sama dengan benda yang diukur.
  • Dapat digunakan untuk mengukur suhu rendah (-40oC) sampai suhu tinggi (360oC). Hal ini disebabkan titik beku raksa (-40oC)  dan titik didihnya (360oC).
  • Tidak membasahi dinding kaca. Dengan demikian pengukuran bisa menjadi lebih teliti.
  • Mengkilap seperti perak sehingga mudah terlihat.
  • Mengembang atau memuai secara teratur.

Termometer dengan bahan cair

Bahan yang paling sering digunakan untuk membuat termometer adalah zat cair. Pada umumnya apabila zat cair dipanaskan maka suhunya akan naik dan volumenya bertambah. Ada beberapa macam termometer yang menggunakan bahan zat cair sebagai zat termometrik pengisi, yaitu termometer laboratorium, termometer ruang, termometer klinis, termometer six bellani.

Termometer dengan bahan zat padat

  • Termometer bimetal: menggunakan logam untuk menunjukkan adanya perubahan suhu dengan prinsip logam akan memuai jika dipanaskan dan menyusut jika didinginkan.keping bimetal dibentuk spiral tipis, sedangkan ujung spiral bimetal ditahan sehingga tidak bergerak dan ujung lainnya menempel pada garis penunjuk. Termometer ini biasanya terdapat di mobil.
  • Termometer hambatan: merupakan termometer yang paling tepat digunakan dalam industri untuk mengatur suhu diatas 1000oC. Termometer ini dibuat berdasarkan perubahan hambatan logam, seperti termometer hambatan platina.
  • Termokopel: digunakan untuk mengukur suhu dengan ketepatan tinggi, dimana suatu tegangan listrik dihasilkan saat dua kawat berbahan logam yang berbeda disambungkan untuk membentuk sebuah loop.

Termometer dengan bahan gas

Termometer jenis ini memanfaatkan sifat-sifat termal gas. Ada dua macam termometer gas yaitu:

  • Termometer yang volume gasnya dijaga tetap dan tekanan gas tersebut dijadikan sifat termometrik dari termometer.
  • Termometer yang tekanan gasnya dijaga tetap dan volume gas tersebut dijadikan sifat termometrik dari termometer.

Termometer optis

  • Pirometer: mempunyai prinsip kerja yaitu dengan mengukur intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda yang suhunya sangat tinggi. Dapat digunakan untuk mengukur suhu antara 500oC sampai 3000oC.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s