1. Sebuah mobil yang memiliki massa 250 kg melaju dengan kecepatan 60 m/s. Berapakah besar energi kinetik yang dimiliki mobil tersebut?
  2. Sebuah mobil yang sedang melaju memiliki energi kinetik sebesar 160 KJ. Jika massa mobil 200 kg, berapakah kecepatan mobil tersebut?
  3. Kelapa jatuh dari ketinggian 20 m. Tentukan besarnya energi potensial yang dimiliki kelapa apabila massanya 1500 g!
  4. Sebuah bola akan dijatuhkan dari ketinggian 15 m. Apabila energi potensial yang dimiliki bola tersebut sebesar 750 J, tentukan massa bola!
  5. Sebuah benda yang memiliki massa 2 kg dijatuhkan dari ketinggian 4 m. Tentukan besarnya energi kinetik benda pada ketinggian 2m!
  6. Sebuah peluru ditembakkan vertikal dengan kecepatan 2 m/s. Jika diketahui massa peluru itu adalah 10 g, hitunglah energi kinetik, energi potensial, dan energi mekanik peluru pada saat:
  7. Peluru hendak ditembakkan
  8. Peluru berada pada ketinggian maksimal
  9. Dito akan menggeser sebuah lemari sejauh 7,5 m dibantu dua orang temannya, Budi dan Coco. Jika gaya yang diberikan Dito adalah 15 N, Budi sebesar 10 N, dan Coco sebesar 25 N. Berapakah usaha yang telah mereka lakukan?
  10. Sebuah meja bergeser sejauh 5 m setelah didorong oleh Andi. Apabila usaha yang dilakukan Andi sebesar 75 J. Berapakah besarnya gaya yang diberikan Andi?
  11. Dua orang anak menarik gerobak dengan gaya masing-masing sebesar 25 N. Jika usaha yang mereka lakukan sebesar 125 J, berapa besar perpindahan yang dialami oleh gerobak?
  12. Budi mampu mengangkat batu yang beratnya 5 kg setinggi 1 meter selama 4 detik. Berapa usaha dan daya Budi dalam mengangkat batu tersebut?
  13. Ana dan Ani sedang menaiki tangga, jika tinggi tangganya sama dan massa keduanya sama, sedangkan waktu yang dibutuhkan Ani 2 kali lebih cepat dibandingkan waktu Ana, maka siapakah yang memiliki daya lebih besar?
  14. Dito bermain tarik tambang melawan Ciko dan Dodi. Dito menarik dengan gaya 125 N, sedangkan Ciko dan Dodi masing-masing gayanya 105 N dan 55 N. Jika Dito maju (karena kalah) sejauh 4 m, maka besarnya usaha yang dilakukan Ciko dan Dodi adalah?
  15. Sebuah mobil yang mogok didorong oleh beberapa orang dengan gaya sebesar 150 N. Jika mobil tersebut berpindah sejauh 3 m dalam waktu 12 detik, berapakah daya dari pendorong tersebut?
  16. Sebuah lampu bertuliskan 20 watt, berapa joule energi yang diserap jika lampu digunakan selama 1,5 jam?
  17. Sebuah alat listrik mampu menghasilkan energi sebesar 720 KJ setiap 5 jam. Berapakah daya yang dimiliki alat tersebut?